Standar Pelayanan


STANDAR PELAYANAN PUSKESMAS BONJOL

Standar Pelayanan Loket Pendaftaran

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Penyampaian

Pelayanan ( Service Delivery )

No

Komponen

Uraian

1

Persyaratan

·        Menunjukkan Nomor Antrean

·        Menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

·        Menunjukkan KTPP (Kartu Tanda Pengenal Pasien)

·        Menunjukkan Kartu JKN KIS / BPJS bagi Peserta

·        Membayar Retribusi sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Nomor : 25 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan ( Pasien Umum )

 

2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

1.   Pasien / pengunjung mengambil nomer antrean

2.   Nomer Antrean dibagi sesuai dengan kategori umum dan lansia

3.   Pasien / pengunjung menunggu nomer antrean nya dipanggil oleh petugas loket pendaftaran

4.   Petugas pendaftaran memeriksa persyaratan pendaftaran dan memproses data serta keluhan pasien

5.   Petugas pendaftaran mengarahkan pasien / pengunjung ke poli / ruangan selanjutnya.

 

3

Jangka waktu

Waktu pelayanan di ruang pendaftaran adalah selama 3-5 menit

 

4

Biaya / tarif

Retribusi pelayanan kesehatan di Puskesmas sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman Nomor : 17 Tahun 2023 tentang Tarif  Layanan Badan Layanan Umum daerah Pusat  Kesehatan Masyarakat.

 

5

Produk

Pelayanan

Pendaftaran ke poli / ruangan berikutnya

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

1.   Email : [email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : Puskesmas Bonjol

4.   Instagram : puskesmas bonjol

5.   Kotak Pengaduan

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

Komponen

Uraian

7

Dasar Hukum

a.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;

b.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;

c.    Peraturan Bupati Pasaman Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum daerahPusat Kesehatan Masyarakat.

d.   Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;

8

Sarana, Prasarana dan

/ fasilitas

1.   Nomor Antrean Manual

2.   Sistem Antrean dan aplikasi Epusk terintegrasi ke poli- poli / layanan

3.   Komputer

4.   Ruang rekam medis dan buku rekam medis pribadi

5.   Ruang tunggu

9

Kompetensi Pelaksana

·        Minimal SMA/sederajat

·        Mampu melakukan kegiatan administrasi pasien

·        Mampu mengoperasikan komputer dan sistem aplikasi Epusk dengan baik

·        Administrasi Keuangan

·        Mampu mengelola rekam medis

·        Mampu memperbaiki kerusakan ringan - sedang pada sistem antrean

·        Memahami dan memberikan pelayanan prima

·        Memiliki budaya kerja mutu

10

Pengawasan

Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan

Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah

Pelaksana

Petugas Loket Pendaftaran : 2 orang

12

Jaminan Pelayanan

 Maklumat Pelayanan

13

 Jaminan   Keamanan  dan Keselamatan Pelayanan

 Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi  Kinerja Pelaksana

·        Melalui Monev Rutin setiap bulan

·        Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian

·        Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak  independent

 

Standar Pelayanan Poli Umum

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

  • Pasien telah menyelesaikan proses pendaftaran
  • Pasien memiliki rekam medis pribadi
  • Pasien membawa rujukan bila diperlukan

 2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pasien / pengunjung menunggu panggilan dari poli / ruangan yang dituju.
  2. Pasien / pengunjung akan dilayani oleh dokter / petugas medis yang bertugas.
  3. Setelah selesai diperiksa Pasien / pengunjung akan diberikan resep / rujukan internal / rujukan eksternal

3

Jangka waktu

-+ 10 Menit.

4

Biaya / tariff

GRATIS

5

Produk Pelayanan

Pengunjung/pasien terlayani sesuai keluhan

6

Penanganan pengaduan, saran  dan masukan

1.   Email : [email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook  : Puskesmas Bonjol

4.   Instagram : puskesmas bonjol

5.   Kotak Pengaduan

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

7

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;
  5. Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

  1. Komputer, Printer dan sistem aplikasi Epusk
  2. Alat tensimeter, stetoskop, alat pengukur berat/tinggi badan dan alat medis lainnya
  3. Bed pasien
  4. Buku rekam medis pribadi dan ATK lainnya.

9

Kompetensi Pelaksana

 

Dokter :

  • Pelayanan Medik Umum
  • Konsultasi
  • Mampu mendiagnosa penyakit
  • Melakukan visum
  • Pemulihan Kesehatan akibat penyakit
  • Menguji kesehatan pasien
  • Mampu melakukan Tindakan medis dan terapi
  • Membuat catatan medik pasien rawat jalan
  • Pengobatan rasional
  • Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu
  • Memahami dan memberikan pelayanan prima

Perawat :

  • Keperawatan minimal DIII
  • Mampu    memberikan    asuhan    keperawatan   individu /keluarga/ kelompok/masyarakat

·        Memahami dan memberikan pelayanan prima

·        Penyuluhan

·        Melakukan Anmnesa

·        Vital Sign

·        Membuat surat rujukan

·        Mampu mengoperasikan Epusk

·        Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah Pelaksana

Dokter Umum : 3 Orang

Perawat Ners : 9 Orang

Perawat D3 : 3 Orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

·        Melalui Monev Rutin setiap bulan

·        Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian

·        Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent

Standar Pelayanan Anak dan Imunisasi

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.   Pasien sudah menyelesaikan proses pendaftaran

2.   Pasien yang akan dilayani

3.   Pasien membawa rujukan bila perlu

2

Sistem Mekanisme dan Prosedur

1.   Pasien /pengunjung menunggu panggilan

2.   Petugas memanggil pasien

3.   Petugas melakukan anamnesa pasien

4.   Petugas melakukan pemeriksaan pasien

5.   Petugas melakukan tindakan kepada pasien

6.   Petugas memberikan resep obat bila perlu

7.   Pasien mengambil obat/pulang

3

Jangka waktu

Waktu pelayanan10 - 30 menit

4

Biaya / tarif

Retribusi pelayanan kesehatan di puskesmas sesuai dengan peraturan Bupati Pasaman   no.17 Tahun 2023

5

Produk pelayanan

Pengunjung /pasien terlayani sesuai dengan kebutuhan/keluhan

6

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.   Email : puskesmas[email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : Puskesmas Bonjol

4.   Instagram : puskesmas bonjol

5.   Kotak Pengaduan/Kotak saran

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

Komponen

Uraian

7

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;

4.     Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;

5.     Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

1.   Komputer dan sistem aplikasi Epusk

2.   Alat tensimeter, alat pengukur berat/tinggi badan dan alat medis lainnya

3.   Buku rekam medis dan ATK lainnya

9

Kompetensi

Pelaksana

Bidan 

·       Mampu membuat perencanaan dan melaksanakan pelayanan kebidanan: anamnesa, pemeriksaan , rujukan kasus , konseling, bayi dan anak balita

·       Mampu melakukan KIE pada remaja,ibu bayi dan balita, WUS dan PUS

·       Mampu melakukanpelacakan kasus bayi BBLR, kematian bayi, ibu, dan persalinan

·       Mampu melakukan imunisasi dan penanggulangan KIPI

·       Memiliki pengetahuan tentang Imunisasi

·       Mampu melakukan dokumentasi kebidanan

·       Melakukan sterilisasi

·       Mengajar Kelas Ibu dan Balita

·       Mampu mengoperasikan Epusk

·       Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah pelaksana

Bidan : 9 orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Melalui Monev Rutin setiap bulan
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent.

 

 

 

 

Standar Pelayanan Kesehatan Ibu

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.   Pasien telah menyelesaikan proses pendaftaran

2.   Pasien telah melakukan pembayaran retribusi sesuai dengan Perda

3.   Pasien memiliki Rekam Medis Pribadi

4.   Pasien membawa rujukan bila diperlukan

2

Sistem Mekanisme dan Prosedur

1.   Pasien / pengunjung menunggu panggilan dari poli / ruangan yang dituju.

2.   Pasien / pengunjung akan dilayani oleh dokter / petugas medis yang bertugas.

3.   Setelah selesai diperiksa Pasien / pengunjung akan diberikan resep / rujukan internal / rujukan eksternal

3

Jangka waktu

Waktu pelayanan KIA 30 menit

4

Biaya / tarif

Retribusi pelayanan kesehatan di puskesmas sesuai dengan peraturan Bupati Pasaman   no.17 Tahun 2023

5

Produk pelayanan

Pengunjung /pasien terlayani sesuai dengan kebutuhan/keluhan.

6

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.Email : puskesmas[email protected]

2.Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.Facebook : Puskesmas Bonjol

4.Instagram : puskesmas bonjol

5.Kotak Pengaduan/Kotak saran

6.Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

Komponen

Uraian

7

Dasar Hukum

1.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;

2.     Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara;

3.     Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;

4.     Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;

5.     Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat  Kesehatan Masyarakat;

8

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

1.Komputer dan sistem aplikasi Epusk

2.   Alat tensimeter, stetoskop, alat pengukur berat/tinggi badan dan alat medis lainnya

3.   Alat Peraga dan Bed pasien

4.   Buku rekam medis dan ATK lainnya

5.   Ruangan pakai kipas angin

9

Kompetensi Pelaksana

Bidan :

·       Mampu membuat perencanaan dan melaksanakan pelayanan kebidanan anamnesa, pemeriksaan, rujukan kasus, konseling dan terapi pada ibu hamil, bulin, bufas, bayi dan anak balita

·       Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi asuhan kebidanan

·       Mampu melakukan pelayanan KB

·       Mampu melakukan KIE pada bumil, bufas, remaja, ibu bayi dan balita, WUS, PUS

·       Mampu melakukan tindik bayi perempuan

·       Mampu melakukan pelacakan kasus bayi BBLR, kematian bayi, ibu dan persalinan, Bumil Resti

·       Mampu melakukan imunisasi dan penanggulangan KIPPI

·       Mampu melakukan dokumentasi kebidanan.

·       Melakukan sterilisasi

·       Mengajar Kelas Ibu dan Balita

·       Mampu mengoperasikan Epusk

·       Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah pelaksana

Bidan : 9 orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Melalui Monev Rutin setiap bulan
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat

Standar Pelayanan Keluarga Berencana

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

 

 

 

1

Persyaratan

1.   Pasien telah menyelesaikan proses pendaftaran

2.   Pasien memiliki Rekam Medis Pribadi

3.   Pasien membawa rujukan bila diperlukan

2

Sistem Mekanisme dan Prosedur

1.   Pasien / pengunjung menunggu panggilan dari poli / ruangan yang dituju.

2.   Pasien / pengunjung akan dilayani oleh dokter / petugas medis yang bertugas.

3.   Setelah selesai diperiksa Pasien / pengunjung akan diberikan resep / rujukan internal / rujukan eksternal

3

Jangka waktu

Waktu pelayanan KB 15- 30 menit

4

Biaya / tarif

Retribusi pelayanan kesehatan di puskesmas sesuai dengan peraturan Bupati Pasaman   no.17 Tahun 2023

5

Produk pelayanan

Pengunjung /pasien terlayani sesuai dengan kebutuhan/keluhan.

6

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.Email : puskesmas[email protected]

2.Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.Facebook : Puskesmas Bonjol

4.Instagram : puskesmas bonjol

5.Kotak Pengaduan/Kotak saran

6.Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

Komponen

Uraian

7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Pemerintah Republik IndonesiaNomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

2.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara.

3.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

4.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan  Publik.

5.   Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;

8

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

1.   Komputer dan sistem aplikasi Epusk

2.   Alat tensimeter, stetoskop, alat pengukur   berat/tinggi badan dan alat medis lainnya

3.   Alat Peraga dan Bed pasien

4.   Buku rekam medis dan ATK lain

5.   Ruangan pakai kipas angin

9

Kompetensi Pelaksana

 Bidan

·       Mampu membuat perencanaan dan melaksanakan pelayanan kebidanan : anamnesa, pemeriksaan, rujukan kasus, konseling dan terapi pada ibu hamil, bulin, bufas, bayi dan anak balita

·       Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi asuhan kebidanan

·       Mampu melakukan pelayanan KB

·       Mampu melakukan KIE pada bumil, bufas, remaja, ibu bayi dan balita, WUS, PUS

·       Mampu melakukan pelacakan kasus bayi BBLR, kematian bayi, ibu dan persalinan, Bumil Resti

·       Mampu melakukan imunisasi dan penanggulangan KIPPI

·       Mampu melakukan dokumentasi kebidanan

·       Melakukan sterilisasi

·       Mengajar Kelas Ibu dan Balita

·       Mampu mengoperasikan Epusk

·       Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah pelaksana

Bidan : 9 orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Melalui Monev Rutin setiap bulan
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent.

Standar Pelayanan Poli Gigi

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

Komponen

Uraian

1

Persyaratan

1.   Status pasien

2.   Pasien yang akan dilayani

2

Sistem Mekanisme dan Prosedur

1.   Petugas memanggil pasien

2.   Petugas melakukan anamnesa pasien

3.   Petugas melakukan pemeriksaan pasien

4.   Petugas melakukan tindakan kepada pasien

5.   Petugas merujuk pasien bila diperlukan

6.   Petugas memberikan resep obat

7.   Pasien mengambil obat/pulang

3

Jangka waktu

1.   Dengan tindakan (30-45 Menit)

2.   Tanpa tindakan (10-15 Menit)

4

Biaya / tariff

 Seluruh pelayanan dengan BPJS gratis

5

Produk pelayanan

1.   Premedikasi

2.   Pencabutan gigi tetap

3.   Pencabutan gigi susu

4.   Penambalan sementara/ tetap

5.   Tindakan lain sesuai standar pelayanan minimal puskesmas

6

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.   Email : [email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : Puskesmas Bonjol

Instagram : puskesmas bonjol

4.   Kotak Pengaduan

5.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

 

 

6.    

7

Dasar Hukum

1.   Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

2.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelayanan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara

3.   Peratanan Menteri perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

4.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasaan Masyarakat Unit penyelenggaraan Pelayanan Publik

5.   Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8

Sarana, prasarana dan Fasilitas

1.   Komputer  dan sistem aplikasi Epusk

2.   Alat tensimeter dan alat medis lainnya

3.   Alat peraga dan Kursi Periksa

4.   Buku Register dan ATK lainnya

9

Kompetensi pelaksana

Dokter Gigi

1.   Mampu memberikan pelayanan dan pengobatan gigi mulut

2.   Mampu mendiagnosa penyakit

3.   Pencabutan gigi

4.   Melakukan Tindakan medis dan terapi

5.   Pencabutan dan penumpatan gigi

6.   Kuretase

7.   Mampu melakukan anastesi lokal

8.   Mengadakan /menerima rujukan medik

9.   Mengoperasikan Epusk

10.Memiliki budaya kerja berorientasi pada mutu

11.Memahami dan memberikan pelayanan prima

 

Perawat Gigi

1.   Mampu mempersiapkan alat dan bahan untuk pemeriksaan  gigi

2.   Mampu membantu dokter gigi dalam pelayanan dan pengobatan pasien

3.   Mampu melakukan pencabutan gigi sulung

4.   Mampu melakukan penumpatan sementara

5.   Mampu melakukan Tindakan scaling

6.   Melakukan sterilisasi

7.   mengoperasikan Epusk

8.     Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem manajemen mutu akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah Pelaksana

Dokter gigi 1 Orang

Perawat gigi 1 Orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan.

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi kinerja pelaksana

1.   Melalui monev rutin setiap bulan

2.   Pelaksanaan survey kepuasan pelanggan harian

3.   Pelaksanaan survey kepuasan masyarakat ( SKM)

 

Standar Pelayanan Laboratorium

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

Komponen

Uraian

1

Persyaratan

1.   Surat Permintaan Pemeriksaan Labor

2.   Persiapan Puasa untuk Pemeriksaan Gula Darah

2

Sistem Mekanisme dan Prosedur

1.   Pasien datang dengan membawa persyaratan sesuai dengan Ketentuan

2.   Petugas melakukan Pemeriksaan Permintaan

3.   Petugas Meminta Pasien Menunggu Hasil Pemeriksaan

4.   Petugas Menyerahkan Hasil Pemeriksaan Kepada Pasien

5.   Pasien Selesai di layani

 

3

Jangka waktu

-      Tergantung Jenis Pemeriksaan

4

Biaya / tariff

Retribusi pelayanan kesehatan di puskesmas sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman no.17 Tahun 2023

5

Produk pelayanan

1.   Pemeriksaan Sputum

2.   Pemeriksaan TPE Ibu Hamil

3.   Pemeriksaan Hb

4.   Pemeriksaan HbsAg

5.   Pemeriksaan HIV

6.   Pemeriksaan Syifilis

7.   Pemeriksaan Gula darah

8.   Pemeriksaan Asam Urat

9.   Pemeriksaan Golongan Darah

6

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.   Email : [email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : Puskesmas Bonjol

4.   Instagram : puskesmas bonjol

5.   Kotak Pengaduan

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)                                                               

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

Komponen

Uraian

7.

Dasar Hukum

1.   Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

2.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelayanan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara

3.   Peratanan Menteri perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

4.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasaan Masyarakat Unit penyelenggaraan Pelayanan Publik.

5.   Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8.

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

 

  1. Alat hematology analyzer, reagen dan alat medis lainnya
  2. Komputer dan printer
  3. Buku rekam medis dan ATK lainnya
  4.  

9.

Kompetensi Pelaksana

 

  • Mampu pempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan di laboratorium
  • Mampu melakukan pengambilan spesimen darah, urine, dahak, feces/menerima spesimen
  • Mampu membuat / mempersiapkan sediaan
  • Mampu melakukan pemeriksaan laboratorium
  • Mampu melakukan pencatatan dan pelaporan
  • Mampu mengoperasikan Epusk
  • Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu
  • Memahami dan memberikan pelayanan prima

10

Pengawasan Internal

 

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

 

11

Jumlah Pelaksana

1 orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Melalui Monev Rutin setiap bulan
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent

 

 

 

Standar Pelayanan Farmasi

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

Pasien membawa resep / E-Resep dari unit pelayanan sebelumnya

2

Sistem Mekanisme dan Prosedur

  1. Pasien / pengunjung menyerahkan resep di ruang apotek.
  2. Pasien / pengunjung menunggu obat disiapkan oleh petugas apotek.
  3. Pasien / pengunjung akan diberikan obat dan dijelaskan tentang obat dan cara penggunaannya

3

Jangka waktu

Waktu tunggu pasien dari menyerahkan resep sampai menerima :

·       Obat Resep Non Racikan : < 7 menit

·       Obat Resep Racikan : < 15 menit

4

Biaya / tariff

Retribusi pelayanan kesehatan di puskesmas sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman no.17 Tahun 2023

5

Produk pelayanan

 

 Pengunjung/pasien terlayani sesuai keluhan

6

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.   Email : [email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : Puskesmas Bonjol

4.   Instagram : puskesmas bonjol

5.   Kotak Pengaduan

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)                                                               

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

KOMPONEN

URAIAN

7.

Dasar Hukum

1.   Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

2.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelayanan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara

3.   Peratanan Menteri perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

4.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasaan Masyarakat Unit penyelenggaraan Pelayanan Publik.

5.   Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8.

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

  1. Obat obatan
  2. Laptop
  3. ATK

9.

Kompetensi Pelaksana

 

Apoteker/Asisten Apoteker/ sederajat yang telah terlatih :

  • Menyusun rencana kebutuhan obat
  • Mampu melakukan pelayanan obat
  • Mampu membaca resep
  • Mampu memberi etiket pada obat
  • Mampu melakukan pengelolaan obat
  • Pelaporan
  • Mampu mengoperasikan Epusk
  • Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu
  • Memahami dan memberikan pelayanan prima

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah Pelaksana

Apoteker : 1 orang Asisten Apoteker : 1 Orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Melalui Monev Rutin setiap bulan
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent

 

 

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Gizi

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

NO

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

Surat Rujukan Ruangan ( Rujukan Internal )

 2 

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

a.   pasien (nama,alamat,umurdan lainnya)

b.   Petugas menimbang BB, mengukur TB,LILA dan LIKA .

c.    Petugas melakukan Anamnesa Gizi

d.   Petugas memberikan konseling gizi dan pemecahan masalah dan mendiskusikan dengan pasien alternatif mana yang bisa dikerjakan

e.    Petugas menanyakan bagaimana pemahaman pasien,jika sudah paham,pasen diperbolehkan pulang.bila diperlukan membuat kunjungan balik atas kunjungan rumah/lapangan

3

Jangka waktu

± 30 Menit

4

Biaya / tarif

GRATIS

5

Produk Pelayanan

a.   Konseling gizi

b.   Pemberian leaflet

c.    Pemberian /penyerahan PMT(Pemberian makan tambahan )

6

Penanganan pengaduan, saran  dan masukan

1.   Email : [email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : Puskesmas Bonjol

4.   Instagram : puskesmas bonjol

5.   Kotak Pengaduan

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

NO

KOMPONEN

URAIAN

7

Dasar Hukum

a.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

b.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara

c.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;

  1. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;
  2. Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

·       Alat pengukur berat/tinggi badan dan alat medis lainnya

·         Alat Peraga

·         Buku rekam medis dan ATK lainnya

9

Kompetensi Pelaksana

 

  • Mampu memantau dan menentukan status gizi
  • Mampu melakukan konseling Gizi
  • Mampu melakukan SKPG
  • Mampu melaksanakan penanggulangan masalah Gizi Mikro dan makro
  • Melakukan upaya perbaikan gizi masyarakat
  • Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu
  • Memahamidan memberikan pelayanan prima

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah Pelaksana

Jumlah Petugas Gizi 2 Orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Melalui Monev Rutin setiap bulan
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Unit Gawat Darurat

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan

1.  Pasien Umum

a.  Membawa foto kopi KTP, KK

b.  Membawa kartu berobat (untuk pasien lama/ulangan)

c.  Mengambil antrian di pendaftaran

2.  Pasien BPJS

a.  Membawa foto kopi kartu BPJS, KK, KTP

b.  Membawa kartu berobat (untuk pasien lama/ulangan)

d.  Mengambil antrian di pendaftaran

3.  Syarat Pelayanan Rujukan

a.  Membawa fotokopi Kartu BPJS, KK, KTP

b.  Tidak boleh diwakilkan orang lain

c.  Dirujuk sesuai indikasi medis dan alur pelayanan rujukan

2

Sistem Mekanisme dan Prosedur

1.  Pasien datang ke UGD

2.  Keluarga pasien melakukan pendaftaran dan petugas pendaftaran mengidentifikasi pasien secara lengkap

3.  Petugas melakukan (kajian) anamnesa dan pemeriksaan fisik

4.  Petugas mengidentifikasi pasien berdasarkan prioritas penanganan (pasien gawat tidak darurat, pasien darurat tidak gawat, pasien gawat darurat)

5.  Petugas memberikan inform consent untuk melakukan tindakan dan atau rujukan jika diperlukan (internal/eksternal) dan mendokumentasikan di rekam medis pasien

6.  Petugas melakukan tindakan yang diperlukan sesuai protab

7.  Petugas melakukan observasi 2 jam ( bila diperlukan )

8.  Jika pasien datang kondisi sudah meninggal dilakukan sesuai protab yang berlaku

9.  Petugas melakukan tindakan yang diperlukan sesuai protab

10.  Petugas melakukan pelayanan rawat jalan jika tidak memerlukan rujukan/perawatan lebih lanjut

11.  Petugas memindahkan pasien ke rawat inap jika memerlukan perawatan lebih lanjut

12.  Petugas memberikan resep dan rincian tagihan kepada pasien

13.  Pasien menyelesaikan administrasi di kasir

14.  Pasien menuju ke ruang obat

15.  Pasien pulang

3

Jangka waktu

15 menit - 2 Jam

4

Biaya / tarif

Seluruh pelayanan dengan BPJS gratis

BPJS / KIS : GRATIS

Umum : Retribusi pelayanan kesehatan di puskesmas sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman no.17 Tahun 2023

5

Produk pelayanan

Pemeriksaan dan tindakan kegawat daruratan pasien

6

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.   Email : [email protected]

2.   Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : PuskesmasBonjol

4.   Instagram : puskesmasbonjol

5.   Kotak Pengaduan

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina Yasda (HP.082169542237)

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

KOMPONEN

URAIAN

7

Dasar Hukum

1.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

2.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelayanan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara

3.   Peratanan Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

4.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasaan Masyarakat Unit penyelenggaraan Pelayanan Publik

5.   Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8

Sarana, prasarana dan Fasilitas

1.   Ruang tindakan

2.   Bed pemeriksaan

3.   Tensimeter

4.   Stetoskop

5.   Emergency kit

6.   Oksigen

 

9

Kompetensi pelaksana

a.   Dokter Umum minimal S1 profesi kedokteran dengan STR dan SIP yang masih berlaku

b.   Bidan minimal D3 kebidanan dengan STR dan SIP yang masih berlaku

c.    Perawat minimal D3 keperawatan dengan STR dan SIP yang masih berlaku

10

Pengawasan internal

a.  Kepala Puskesmas, ketua PJ UKP, Kepala ruangan IGD

b.  Pengawasan dilakukan oleh Tim Mutu dan auditor internal

11

Jumlah Pelaksana

Dokter Umum 3 Orang

Perawat atau Bidan 2 orang / shift

12

Jaminan Pelayanan

Pelayanan sesuai dengan SOP Pelayanan kegawatdaruratan

13

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan

a.  Pelayanan sesuai dengan SOP

b.  Sarana dan prasarana sesuai dengan standar

c.  Tenaga yang kompeten

14

Evaluasi kinerja pelaksana

a.  Pencatatan dan pelaporan

b.  Audit internal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Informasi dan Pengaduan

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian

Pelayanan ( Service Delivery )

No

Komponen

Uraian

1

Persyaratan

Seluruh    Pasien/pengunjung     UPTD    Puskesmas   Bonjol

2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

Pasien    /    pengunjung    menyampaikan     Pertanyaan,    saran, masukan dan keluhan dengan cara :

  1. Langsung ke petugas di meja pengaduan dan informasi
  2. Menulis dan memasukkan ke kotak layanan pengaduan
  3. SMS, WA dan atau telpon ke nomer layanan pengaduan yang tertera di puskesmas
  4. Mengakses website puskesmas
  5. Melalui Sosial Media (FB dan IG)

3

Jangka waktu

Pengaduan yang masuk diberi grading / klasifikasi berdasarkan kepentingan. Dengan klasifikasi sebagai berikut:

1.   Merah   : dengan jangka 24 jam

2.   Kuning  : dengan jangka 1 – 7 hari

3.   Hijau     : dengan jangka 1 – 30 hari

4

Biaya / tarif

-

5

Produk Pelayanan

Pengunjung/pasien mendapatkan solusi dan atau penjelasan terkait isi aduan/pertanyaan

6

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

  1. UPTD Puskesmas Bonjol Email [email protected]
  2. Website https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/
  3. Kotak saran
  4. Sosial Media (Wa, FB, IG)
  5. Kuisoiner Kepuasan Masyarakat

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

Komponen

Uraian

7

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;
  5. Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No 11 Tahun 2021 Tentang Survei Kepuasan Masyarakat;
  6. Permenkes No 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat;
  7. Undang undang nomor 37tahun 2008 tentang ombudsman
  8. Undang Undang nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan Publik

8

Sarana, Prasarana dan / fasilitas

  1. Buku catatan pengaduan pelanggan
  2. ATK
  3. Telepon
  4. Kuisioner
  5. Blangko Kepuasan

9

Kompetensi Pelaksana

Petugas Informasi:

  • Berpenampilan baik dan sopan
  • Ramah
  • Empati dan Simpati
  • Mengetahui tentang semua kegiatan dan informasi tentang  puskesmas
  • Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu
  • Memahami dan memberikan pelayanan prima

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat

Tinjauan Mutu

11

Jumlah Pelaksana

Petugas shift : 3 orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

  • Melalui Monev Rutin setiap bulan
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian
  • Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Klinik Sanitasi

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian Pelayanan ( Service Delivery )

No

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan Layanan

1.   Dokumen laporan bulanan

2.   Adanya kasus yang terjadi baik di dalam gedung maupun di luar gedung

2.

Prosedur

1.   Setelah ditemukan kasus dilakukan penetapan diagnosa penyakit

2.   Melakukan pengumpulan data

3.   Melakukan kunjungan lapangan

4.   Membuat laporan hasil

5.   Melaporkan hasil kegiatan ke lintas sektor yang terkait

3.

Waktu

1 x 24 jam

4.

Biaya

Gratis

5.

Produk pelayanan

Pelayanan Kesehatan Klinik Sanitasi

6.

Penanganan pengaduan saran dan masukan

1.   Email :

2.   [email protected]Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.   Facebook : PuskesmasBonjol

4.   Instagram : puskesmasbonjol

5.   Kotak Pengaduan

6.   Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina Yasda (HP.082169542237)

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

KOMPONEN

URAIAN

7.

Dasar Hukum

1.   Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

2.   Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

3.   Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan

4.   Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2015 tentang Kementerian Kesehatan

8.

Sarana, Prasarana, dan atau Fasilitas

1.   Ruang tunggu

2.   Buku register

3.   Protap, tupoksi

4.   Meja, kursi

9.

Kompetensi Pelaksana

1.   Pendidikan : Diploma Kesehatan Lingkungan

2.   Keahlian dan kompetensi

3.   Sesuai profesi dan kompetensi

4.   Pengalaman

10

Pengawasan Internal

1.   Kepala Puskesmas Bonjol

2.   Penanggung jawab Upaya Kesehatan Perorangan, Kefarmasian dan Laboratorium

3.   Penanggung jawab Upaya Kesehatan Masyarakat

11

Jumlah Pelaksana

 1 orang tenaga sanitarian

12

Jaminan Pelayanan

1.   Dilakukan sesuai standar pelayanan, kode etik, dan janji pelayanan

2.   Memiliki SOP dalam setiap pelaksanaan kegiatan

7.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

1.   Petugas memiliki STR dan SIP

8.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

1.   Lokakarya Mini Bulanan

2.   Penilaian kinerja puskesmas

3.   Audit Internal

4.   Survey Kepuasan Masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Pelayanan Rawat Inap

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait  dengan Proses Penyampaian

Pelayanan ( Service Delivery )

No

KOMPONEN

URAIAN

1

Persyaratan Pelayanan

·        Kartu BPJS Kesehatan

  • KTP/KK

 2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pasien berasal dari IGD
  2. Petugas rawat inap memeriksa kelengkapan dokumen
  3. Pemberian terapi/ pemeriksaan penunjang (Laboratorium) sesuai indikasi medis
  4. Pasien melakukan konsultasi dengan dokter / perawat
  5. Apabila pasien dapat ditangani maka diberikan asuhan medis dan keperawatan, apabila tidak bisa ditangani maka pasien dirujuk
  6. Pasien direncanakan pulang
  7. Pasien (Keluar) menyelesaikan administrasi

3

Jangka waktu

-+ 10 Menit

4

Biaya / tariff

1.   GRATIS bagi peserta BPJS

2.   Bila tidak memiliki kartu BPJS dikenakan biaya sesuai dengan Peraturan Bupati Pasaman Nomor 17 Tahun 2023 tentang Tarif layanan Badan Layanan Umum Daerah Pusat Kesehatan Masyarakat

5

Produk Pelayanan

 

Pelayanan rawat Inap

6

Penanganan pengaduan, saran  dan masukan

1.  Email : [email protected]

2.  Website : https://puskesmasbonjol.pasamankab.go.id/

3.  Facebook : Puskesmas Bonjol

4.  Instagram : puskesmas bonjol

5.  Kotak Pengaduan

6.  Petugas pengaduan : Rismaneli, Elviona Reswita, Marlina yasda (HP.082169542237)

 

 

 

B. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan Proses Pengelolaan Pelayanan ( Manufacturing )

No

KOMPONEN

URAIAN

7

Dasar Hukum

  1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil;
  2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dalam Penyelenggaraan Negara;
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  4. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik;
  5. Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

8

Sarana, Prasarana dan/ fasilitas

  1. Komputer, Printer dan sistem aplikasi Epusk
  2. Alat tensimeter, stetoskop, alat pengukur berat/tinggi badan dan alat medis lainnya
  3. Bed pasien
  4. Buku Register Rawatan dan ATK lainnya

 

9

Kompetensi Pelaksana

 

Dokter :

  • Pelayanan Medik Umum
  • Konsultasi
  • Mampu mendiagnosa penyakit
  • Melakukan visum
  • Pemulihan Kesehatan akibat penyakit
  • Menguji kesehatan pasien
  • Mampu melakukan Tindakan medis dan terapi
  • Membuat catatan medik pasien rawat jalan
  • Pengobatan rasional
  • Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu
  • Memahami dan memberikan pelayanan prima

Perawat :

  • Keperawatan minimal DIII yang memiliki STR
  • Mampu memberikan asuhan keperawatan individu/keluarga/kelompok/masyarakat

·        Memahami dan memberikan pelayanan prima

·        Penyuluhan

·        Melakukan Anmnesa

·        Vital Sign

·        Membuat surat rujukan

·        Mampu mengoperasikan Epusk

·        Memiliki budaya kerja yang berorientasi pada mutu

10

Pengawasan Internal

Monev Sistem Managemen Mutu Akreditasi dan Rapat Tinjauan Mutu

11

Jumlah Pelaksana

 

Dokter Umum : 3 Orang

Perawat Ners   : 8 Orang

Perawat D3      : 3 Orang

Bidan              : 11 orang

12

Jaminan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Maklumat Pelayanan

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

·        Melalui Monev Rutin setiap bulan

·        Pelaksanaan Survey Kepuasan Pelanggan Harian

·        Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Semester dana atau Tahunan yang dilakukan oleh pihak independent